Latest Games :
Home » » Etiket Dalam Surat Menyurat (Komunikasi Bisnis)

Etiket Dalam Surat Menyurat (Komunikasi Bisnis)

Rabu, 03 April 2013 | 0 komentar

 

Surat merupakan suatu alat komunikasi untuk menyampaikan pernyataan atau informasi secara tertulis dari pihak yang satu kepada pihak lain, baik atas nama diri sendiri maupun atas nama jabatannya dalam sebuah organisasi, instansi, ataupun perusahaan. Informasi-informasi ini dapat berupa pernyataan, permintaan, laporan, pemikiran, saran-saran, dan sebagainya.

   Informasi-informasi yang dimuat dalam surat, ada yang tidak memerlukan balasan atau tanggapan dari sii penerima surat, dan ada pula yang memerlukan balasan atau tanggapan dari sii penerima surat.
Kegiatan yang terakhir ini di sebut surat menyurat atau korespondensi, yaitu suatu kegiatan untuk mengadakan hubungan (komunikasi) secara terus menerus antara pihak yang satu dengan pihak lain dengan cara saling berkirim surat.

   Agar komunikasi melalui surat lebih efektif dan dapat memperlancar proses komunikasi, sebaiknya kedua belah pihak memperhatikan tata cara penulisan atau pembuatan surat, yaitu :

1. isi surat harus jelas maksudnya,

2. gunakan bahasa yang bail, sopan, dan benar,

3. tulis atau ketiklah surat dengan rapi agar si penerima surat tertarik dan berkesan pada waktu membacanya,

4. sedapat mungkin hindari kesalahan,

5. usahakan menggunakan alat tulis yang baik.

   Bahasa surat adalah bahasa yang di gunakan dalam menulis surat yang berintikan pokok-pokok pikiran sii penulis surat yang maksudnya agar mendapat tanggapan positif dari si penerima surat. Bahasa surat yang tertera dalam surat memegang peranan penting dalam menentukan lancar tidaknya komunikasi. Karena itu bahasa surat merupakan Kunci dalam keberhasilan berkomunikasi yang efektif.

   Sehubungan dengan itu, perlu pula di perhatikan kepada siapa sirat yang di tulis ini di tunjukan. Apakah ia mengerti bahasa Indonesia atau tidak?
seandainya ia mengerti bahasa Indonesia maka gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Begitu pula seandainya ia bukan orang Indonesia maka gunakanlah bahasa Inggris dalam menulis surat.
Bagaimana mungkin komunikasi dapat terlaksanakan jika salah satu pihak tidak memahami bahasa yang di gunakan di dalam surat tersebut..

Demikian pembahasan tentang Etiket Dalam Surat Menyurat, semoga bermanfaat...
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Member

 

Copyright © 2011. erstun.blogspot.com - All Rights Reserved [Erik Kristianto] || Twitter : @erikcristian97 | Facebook : Erik Cristian Nac