Latest Games :
Home » » PENDEKATAN “AIDA”

PENDEKATAN “AIDA”

Kamis, 30 Mei 2013 | 0 komentar

                   

A.      PENDEKATAN “AIDA”

Sebagaimana penulisan resume, penulisan surat lamaran kerja juga perlu menggunakan pendekatan Attention, Interest, Desire, and Action (AIDA) untuk menggugah atau menarik perhatian pembaca, pendekatan AIDA ini lebih menekankan pada sisi sikap pelamar kerja dan apa manfaat yang di dapat oleh pembaca.
Secara lebih rinci, pendekatan AIDA adalah sebagai berikut.
          
                     1.   Atention
      Prinsip pertama dalam penulisan surat lamaran kerja adalah attention(perhatian). Artinya, pelamar kerja harus dapat meyakinkan pihak organisasi/lembaga pencari kerja (pembaca) bahwa pelamar kerja memiliki sesuatu yang bermanfaat atau dapat menumbuhkan rasa tertarik bagi pembaca   

2 Interest
      prinsip kedua dalam penulisan surat lamaran kerja adalah interest (menarik). artunya pelamar kerja harus dapat menarik perhatian pembaca dengan menjelaskan relevansi pesan-pesan yang di sampaikan. dalam hal ini pelamar kerja perlu menjelaskan dan menegaskan bahwa kualifikasi yang di butuhkan tersebut relavan dengan kemampuan yang dibutuhkan tersebut relavan dengan kemampuan yang dimiliki dan ia yakin mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik.

3. Desire
      prinsip ketiga dalam penilisan surat lamaran kerja adalah desire (hasrat). artinya, pelamar kerja harus dapat menumbuhkan hasrat pembaca untuk mengetahui lebih jauh apa yang sudah dituliskan dalam surat tersebut. pelamar kerja juga dapat meyakinkan pembaca melalui bukti-bukti pendukungnya yang relavan dengan posisi yang di kehendaki.

4. Action 
      prinsip keempat dalam penulisan surat lamaran kerja adalah action (tindakan). artinya pelamar kerja harus dapat memberikan saran kepada pembaca untuk mengambil suatu tindakan tertentu berkaitan dengan harapan/keinginannya dalam menulis surat tersebut. salah satu tindakan tertentu yang dapat dilakukan oleh pembaca adalah memberi kesempatan untuk melakukan wawancara kerja (job interview).

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Member

 

Copyright © 2011. erstun.blogspot.com - All Rights Reserved [Erik Kristianto] || Twitter : @erikcristian97 | Facebook : Erik Cristian Nac